Kamis, 11 September 2008

N. Tri Djoko Nugroho (guru SMP Marsudirini Marganingsih) Juara III

APLIKASI AVERVISION ; Bantu Guru dalam Proses KBM


03/05/2008 05:42:57 MUNTILAN (KR) - Alat penunjang pendidikan, terbukti dapat membantu para guru dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah. Bahkan, para siswa lebih termotivasi dan lebih cepat memahami serta menangkap materi yang diberikan para guru. Hal itu diakui oleh N Tri Djoko Nugroho, salah seorang guru SMP Marsudirini Muntilan yang menjadi juara III dalam kontes aplikasi inovatif yang diselenggarakan PT IndoVisual Presentatama dan didukung oleh Avermedia yang dilangsungkan mulai November 2007 hingga Januari 2008 lalu.
Dikatakan Tri Djoko usai menerima hadiah lomba kepada KR Rabu (30/4), bahwa penggunaan alat penunjang salah satunya aplikasi avervision, ternyata dapat untuk mengamati organisasi kehidupan dengan menggunakan sel bawah merah dan sel epitel mukosa mulut. “Hasilnya, terlihat jika sel-sel mikroskopis dapat diamati oleh seluruh siswa tanpa harus berganti-ganti melihat di bawah mikroskop. Selain itu, kesalahan melihat objek juga dapat diatasi,” ujar Djoko salah satu guru Biologi di SMP Marsudirini Muntilan itu.
Sebelumnya, General Manager PT IndoVisual Ari Yunisaf mengatakan, untuk meningkatkan jalinan interaksi antara guru dan siswa, mulai tahun 2008 ini pihaknya mengadakan program pinjam demo untuk sekolah selama 1 minggu. Dengan program ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada guru maupun pihak sekolah mengenai pentingnya menggunakan peralatan penunjang yang bersifat interaktif. “Sudah cukup bukti, penggunaan alat penunjang dapat membantu guru memperkaya materi ajar. Selain itu, dapat untuk menghimpun siswa, menyimpan langkah kerja, memvisualisasikan konsep, menghemat waktu dan perhatian siswa tetap terfokus,” ujarnya.
Sementara Branch Manager Masterdiatek Yogyakarta Aris Susatyo menambahkan, avervision tidak hanya digunakan untuk mata pelajaran Biologi, namun juga yang lain. “Matematika, Bahasa Indonesia maupun pelajaran yang lain, dapat juga menggunakan alat ini. Yang jelas, jika sebelumnya siswa mendengar guru mengajar, dengan alat ini siswa dapat melihat, menyaksikan apa yang guru ajarkan dengan lebih jelas,” tegasnya.
(R-8) -c
Disalin dari Kedaulatan Rakyat

1 komentar:

oQ mengatakan...

hidup pak joko. .
yang masi saya inget sampe sekarang waktu pak jko ngajarin persilangan pake tabel papan catur . .
ternyata berguna kepake banget di sma,apalagi di ipa. .
TERIMA KASIH PAK JOKO. .